Tour de Singkarak Majukan Sektor Pariwisata


VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu melepas 250 pembalap sepeda dari 22 negara pada stage pertama Tour de Singkarak 2012, Senin, 4 Juni 2012. Stage pertama ini menempuh jarak 77,6 kilometer.

Para pembalap dari 25 tim ini bertolak menuju Sijunjung sebelum kembali finish di lapangan segitiga, Sawahlunto, Sumatera Barat. Menurut Menteri Marie, di tahun keempat pelaksanaan, TdS telah tercatat di kalender resmi dunia dengan great 2,2.

“TdS sudah memberi dampak positif atas tingkat kunjungan wisatawan ke Sumbar dan kita perlu berpikir untuk melakukan even olahraga lain yang dipadukan dengan konsep wisata,” ujar Marie Elka Pangestu pada wartawan usai mengangkat garis start.

Menurut data dari kementerian, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara pada triwulan pertama tahun 2012 mencapai 2,5 juta  lebih. Dibanding periode yang sama pada  tahun 2011, angka menunjukkan peningkatan hingga 8,9 persen. Angka ini jauh lebih baik dari perkembangan pariwisata dunia yang hanya 4 hingga 5 persen. 

“Angka ini masih bisa kita tingkatkan denga menggelar even olahraga seperti golf yang di Thailand mampu mendongkrak jumlah wisatawan secara signifikan,” katanya. Ia menambahkan setidaknya 152 lapangan golf di Indonesia terbilang baik dan bisa dimanfaatkan untuk perlombaan bertaraf internasional yang dipadu dengan konsep wisata. (eh)

0 Comments and Thoughs for "Tour de Singkarak Majukan Sektor Pariwisata"