Dua Jarak Dilombakan dalam Triathlon di Bali


Turnamen Bali International Triathlon akan digelar di Jimbaran, Bali, pada 24 Juni 2012. Ada 2 jarak yang dilombakan dalam perhelatan yang keenam ini, yakni jarak Olimpiade dan jarak Sprint. Triathlon sendiri merupakan ajang yang menggabungkan 3 olahraga yaitu renang, sepeda, dan lari.

"Untuk yang merasa terlalu jauh dengan jarak Olimpiade bisa mengikuti jarak Sprint. Untuk jarak Olimpiade renang jarak 1,5 km bisa coba di jarak renang dengan jarak 500 m. Demikian juga dengan sepeda dan lari lebih pendek jarak yang sprint," ujar Andreas Kansil, Ketua Bali International Triathlon dalam konferensi pers di Liquid Exchange Epicentrum, Rabu 5 Juni 2012.

"Namun setiap tahun peserta dari jarak Olimpiade selalu lebih banyak dibandingkan jarak Sprint. Ada yang tahun sebelumnya ikut jarak Sprint, tahun ini mulai mencoba jarak Olimpiade," tambahnya.

Dalam masing-masing jarak juga terdapat dua kategori, yakni kategori estafet dan individu. Hadiahnya berupa uang tunai dan produk dari sponsor untuk masing-masing jarak dan kategori. Selain itu ada juga pemenang dari berbagai kelompok umur.

Untuk lebih mengenalkan olahraga triathlon kepada masyarakat, panitia juga mengadakan bonus even selain dua jarak utama. "Ada bonus even yakni fun run untuk jarak 10 km dan kids run yang akan diikuti oleh anak-anak dari mulai usia 5 tahun. Ini karena nantinya ada banyak masyarakat yang berlibur di Bali dan untuk lebih memperkenalkan olahraga ini pada masyarakat," tutur Andreas.

Dalam turnamen kali ini semakin banyak peserta yang akan ambil bagian. Sampai sekarang saja sudah ada 30 negara yang terdaftar sebagai peserta. Peserta dari Indonesia pun meningkat pesat dibandingkan tahun lalu.

"Olahraga triathlon merupakan olahraga yang pertumbuhannya paling cepat di dunia termasuk Indonesia. Kami selalu upayakan perbaikan dari tahun ke tahun. Tahun 2012 ini standar keselamatan lebih terjamin dan akan mempromosikan Bali sebagai tempat wisata," tutur Andreas.

Ajang triathlon ini terbuka untuk semua lapisan masyarakat. Sampai saat ini pendaftaran peserta masih dibuka. Untuk pendaftaran online bisa melalui www.triathlon.com atau via email info@balitriathlon.com. Pendaftaran ditutup tanggal 17 Juni 2012.

Jarak yang dilombakan dalam Bali International Triathlon 2012
Jarak Olimpiade (Individual/Estafet)
Swim 1,5 km, Bike 40 km, Run 10 km

Jarak Sprint (Individual/Estafet)
Swim 500 m, Bike 20 km, Run 5 km

Bonus Even: Fun Run 10 km, Kids run

0 Comments and Thoughs for "Dua Jarak Dilombakan dalam Triathlon di Bali"