Rossi Jadikan Jerez Pengalaman Positif


VIVAnews - Juara dunia tujuh kali MotoGP, Valentino Rossi tidak merasa kecewa atas rapor merah yang didapatnya di MotoGP Spanyol. The Doctor menganggap, hasil tersebut merupakan bekal positif untuk terus meningkatkan performa motornya.

Selama sesi Kualifikasi dan latihan bebas di Jerez, Rossi mencermati betul GP12 geberannya belum mencapai kecepatan ideal saat memasuki tikungan. Kendati masalah itu masih buntu, Rossi optimistis serangkaian seri ke-2 kemarin memberikan pembelajaran berharga bagi dia dan tim.

"Hal positif dalam balapan, bahwa saya berpikir itu mungkin membantu kami bisa melakukannya lebih baik lagi di seri selanjutnya, yang dimulai di GP Portugal," kata Rossi dikutip dari Autosport.

"Dalam balapan, kami memakai settingan baru dan itu memberikan sinyal positif," aku Rossi menyinggung upaya keras tim memperbaiki motornya mulai menemukan titik terang.

Rossi pun merinci beragam inovasi yang telah dilakukan tim pada Kuda Besinya. "Pertama, kami mencoba beberapa solusi untuk memberikan saya perasaan sama di masa lalu, tetapi itu belum membuahkan hasil. Hari ini (kemarin) setelan motor serupa dengan apa yang diaplikasikan di motor (Nicky) Hayden untuk sementara waktu, meskipun tidak sama persis," urai mantan rider Honda dan Yamaha itu.

Dari situ, Rossi menarik kesimpulan harus mengubah gaya berkendara tidak seperti biasa. Sayang, start dari barisan belakang membuatnya tidak bisa berbuat banyak untuk menembus jajaran kontestan terdepan.

"Saya harus membiasakan diri dengan gaya balapan sedikit berbeda dibanding dulu. Akibatnya, saya kehilangan kehilangan keseimbangan di awal lap karena pada dasarnya saya belum memahami saat memulainya."

Rossi pun merasa penampilannya tidak di bawah standar dalam lomba di Jerez. "Saya telah menemukan ritme, dalam artian saya pantas bertarung memperebutkan posisi enam melihat catatan waktunya dan saya sanggup memberikan tekanan sampai akhir."

"Ini menolong saya tampil sedikit lebih optimis menatap balapan berikutnya karena saya dapat berkendara sedikit lebih bagus dan bisa dijadikan pijakan untuk memulainya dari sana. Faktanya, kami telah melakukan settingan ini pada Jumat lalu," dia menambahkan.

Meningkat pesat
Sementara itu, rekan Nicky Hayden puas atas performa motor dalam balapan di seri ke-2 kemarin, terlepas dari finis di urutan 8.

"Kami tahu performa motor luar biasa untuk menghasilkan panas dalam. Dalam beberapa putaran pertama, saya mendapat apa yang saya inginkan," ujar rider asal Amerika Serikat itu.

"Catatan waktu saya terlihat seperti pembalap lainnya. Ban sampai pada tempraturnya. Namun saya mulai kehilangan grip, terutama di bagian depan," keluh Hayden menyampaikan alasannya tampil kurang optimal. (bka)

0 Comments and Thoughs for "Rossi Jadikan Jerez Pengalaman Positif"