McLaren Ubah Personel Pit di GP Spanyol


VIVAnews- Kesalahan awak pit-stop dalam dua seri di GP China dan Bahrain langsung mendapat reaksi dari Martin Whitmarsh, selaku Tim Prinsipal McLaren.

Agar kelalaian tersebut tidak terulang, Whitmarsh mengatakan timnya telah melakukan perubahan personel kru pit pada balapan di GP Spanyol, Minggu 13 Mei 2012 nanti.

Di GP China, mobil Jenson Button sempat bermasalah karena awak pit-stop melakukan kesalahan saat memasangkan baut ban. Tidak sampai di situ, lamanya waktu di pit membuat Button harus rela selisi waktunya kian melebar dengan Sebastian Vettel

Sepekan kemudian, di GP Bahrain, giliran Lewis Hamilton dibuat tidak nyaman karena kru pit-stop melakukan kesalahan lagi saat mengganti roda kiri belakang. Terpaksa, Whitmarsh mengganti kru pit yang mengoperasikan wheel-gun saat McLaren melakukan pit terakhir.

Usai melakukan kajian internal, McLaren sepakat melakukan perubahan pada awak pit setelah mengevaluasi kesalahan mereka. "Kami akan melihat pekerjaan mereka (kru pit-stop) di Barcelona atau Anda bisa mencermati kinerja mereka sebelumnya, jika Anda cukup tertarik untuk menonton latihan pit," ujar Whitmarsh.

Dia tidak memungkiri, kesalahan tersebut bisa dilakukan awak pit lantaran tekanan besar yang dibebankan tim untuk menciptakan waktu singkat selama pit-stop. "Dengan tim seperti McLaren, Anda dituntut melakuakn pit-stop selama tiga detik."

"Ini tantangan fisik yang besar. Wheel-gun sangat berat. Jadi bukan tugas mudah untuk mengoperasikannya," dia melanjutkan.

Selain menguras tenaga, Whitmarsh memaklumi tekanan yang dirasakan awak pit tidak hanya dari tim, tetapi juga dari penonton. Untuk mengatasinya, diperlukan latihan intens untuk mencapai waktu ideal saat tim melakukan pit-stop.

"Ada sejumlah latihan wajar. Kami akan melihatnya pada akhir pekan. Saya percaya, kami bisa melakukan pit-stop dengan baik," Whitmarsh menambahkan.

0 Comments and Thoughs for "McLaren Ubah Personel Pit di GP Spanyol"