Djokovic dan Nadal Boikot Madrid Masters


VIVAnews - Novak Djokovic dan Rafael Nadal melakukan aksi boikot Madrid Masters musim 2013 mendatang. Kedua petenis papan atas dunia itu tidak berkenan meramaikan turnamen dengan alasan kondisi lapangan.

Djokovic dan Nadal mengeluhkan lapangan tanah liat biru Manolo Santana yang digunakan mulai musim ini. Petenis peringkat satu dan dua dunia itu merasa permukaan lapangan terlalu licin.

Pada pertandingan babak III, Kamis 10 Mei 2012, Nadal tumbang di tangan unggulan ke-15 Fernando Verdasco melalui tiga set 3-6, 6-3 dan 5-7. Ini merupakan kekalahan pertama petenis asal Spanyol itu dalam 23 pertandingan di lapangan tanah liat.

Kekalahan ini juga pertama dialami Nadal sepanjang 14 pertemuan dengan rekan senegaranya itu. Wajar saja jika petenis berjuluk 'The King of Clay' itu kecewa.

“ATP dan penyelenggara turnamen bisa melakukan apapun yang mereka inginkan. Saya sudah berusaha sebaik mungkin selama persiapan, tapi tidak cukup baik beradaptasi dengan lapangan ini saat bertanding,” ujar Nadal seperti dilansir Reuters.

“Satu hal yang pasti, jika ini tetap diberlakukan maka saya akan sangat sedih. Dan tahun depan, turnamen ini tidak akan ada lagi di kalendar saya.”

Sementara itu, ATP selaku otoritas petenis profesional mengatakan, lapangan tanah liat biru tersebut masih dalam tahap uji coba. Keputusan untuk tetap menggunakan pada musim 2013 akan diambil setelah mendapat respons dari berbagai pihak, termasuk para petenis.

Djokovic terpeleset

Saat bertanding di babak III menghadapi petenis non-unggulan asal Swiss, Stanislas Wawrinka, Kamis 10 Mei 2012, Djokovic sempat terpeleset. Beruntung, petenis berkebangsaan Serbia itu tidak mengalami cedera parah dan mampu memenangi pertandingan straight set, 7-6 dan 6-4.

“Mereka mengatakan lapangan ini sama seperti tanah liat merah. Itu tidak benar karena terasa sekali perbedaannya. Anda pasti sering terpeleset dan banyak sekali petenis yang terjatuh,” tutur Djokovic.

Petenis 24 tahun itu memastikan dirinya tidak menginginkan kejadian tersebut terulang lagi. “Ini adalah pengalaman baru dan apa yang terjadi di tahun ini, saya harap menjadi pengalaman terakhir.”

Pada babak perempat final, Djokovic akan menghadapi rekan senegaranya, Janko Tipsarevic. Sang rival sebelumnya menyingkirkan wakil Prancis, Gilles Simon, melalui pertandingan tiga set 7-6, 5-7 dan 6-1.

0 Comments and Thoughs for "Djokovic dan Nadal Boikot Madrid Masters"